penasaran dari pengalaman senior2 tentang penggunaan BTRFS (a.k.a Banter file system..heheheh) di file system cache_dir yang denger membuat performance squid 2.7 feat LUSCA ga lagi jadi makyuzzz tapi jadi tambah maknyooozzzzz..:D
Baca entri selengkapnya »


Baru saja saya mencoba squid di Ubuntu 10.04 terbaru. Saat instalasi tidak terlihat perbedaan sampai juga pada konfigurasi juga masih lancar-lancar saja. Namun saya agak sedikit ada masalah saat mulai memulai service squid. Dalam versi Ubuntu sebelumnya saya hanya mengetikkan service squid Baca entri selengkapnya »

Login as the root and type the following command:

# /bin/rm /etc/ssh/ssh_host_*

Step # 2: Reconfigure OpenSSH Server

Now create a new set of keys, enter:

# dpkg-reconfigure openssh-server

Sample output:

Creating SSH2 RSA key; this may take some time ...
Creating SSH2 DSA key; this may take some time ...
Restarting OpenBSD Secure Shell server: sshd.


Pada saat menggunakan VirtualBox, terdapat pilihan tipe Network yang digunakan Sistem Operasi(SO) virtual. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai pilihan-pilihan tersebut. Namun perlu diketahui sebelumnya, bahwa VirtualBox dapat membuat sampai dengan 4 kartu jaringan pada 1(satu) SO virtual.
Baca entri selengkapnya »

karena keseringan a.k.a sebel liat conficker2 dengan autorunnya yg sangat menganggu maka kepikiran gmn supaya windows ga otomatis ngejalanin autorun..
setelah searching2 di my suhu(baca:www.google.co.id) nemu juga caranya…
pertama buka run di start menu lalu ketik gpedit.msc

Baca entri selengkapnya »

tiba-tiba server dikantor tiba2 mati n belum knp penyebabnya???klu listrik mati juga masih ada UPS…
tiba2 terfikir apa ga dari UPS sendiri.kebetulan dikntor UPS pake APC Smart-UPS RT 6000 XL..akhirnya nyoba2 cari aplikasi monitoring yang berbasis web ato dekstop utk UPS ini..
pertama2 install APCUPSD. Baca entri selengkapnya »


setelah cari2 artikel tentang penggunaan fuji xerox docuprint 203A di ubuntu nemuin bnyak artikel…
tpi karena kmrn awalnya penggunaan utk pclinuxos 2009 d artikel d sarankan pke generic PCL5E Printer.Sukses …test printer maknyuzz jaya..
eh tapi pas dicoba di ubuntu malah ga mau nonggol..akhirnya cari2 dsaranin pake Xerox DocuPrint 4508…hasil test print maknyuzzz..:D
kasus diatas tak coba dengan kondisi pake koneksi USB(coz tipe printer ini punya 2 koneksi yaitu LPT sama USB).tpi mestiny ga ada masalah mau pake koneksi apa aj…

Mastering IPTables Seri 1

Anda pasti pernah mendengar yang disebut dengan firewall pada jaringan komputer, klo kita jadikan bahasa indonesia berarti tembok api. Aneh dan Lucu, tetapi punya fungsi yang penting untuk melindungi jaringan intranet dari serangan hacker maupun akses ilegal.
Selain meningkatkan keamanan firewall berguna untuk mengatur akses internet yang boleh dipakai
pengguna, misalkan pak Joko bisa pakai yahoo messenger dan pak Ali ngga bisa pakai Yahoo Messenger.
Nah untuk mengatur akses tadi kita memakai aplikasi firewall linux yaitu iptables.
Firewall adalah perangkat komputer yang kita fungsikan sebagai router untuk memisahkan jaringan intranet
dan internet. Firewall memiliki dua kartu jaringan, eth0 berhubungan langsung dengan internet dan eth1
tersambung dengan jaringan LAN / Intranet Baca entri selengkapnya »

Pasti banyak yg nemuin deh masalah mencetak pada ubuntu jaunty yang kagak bisa di kertas selain A4, misalnya kertas Legal.

Yang heranya banyak juga yang nyalahin kalo masalah ini ada pada aplikasi seperti OpenOffice.org versi 3 yang kebetulan ikut serta terinstall dalam ubuntu jaunty. Padahal kalo ditelusuri itu bukan kesalahan dari aplikasi tersebut. Coba deh test print di menu propertiesnya printer yang terinstall dan aktifkan kertas Legalnya, pasti hasil cetaknya jg sangat tidak diharapkan. Atau coba juga cetak dokuman PDF yang menggunakan setingan kertas legal, pasti hasilnya juga sama, sangat mengecewakan. Baca entri selengkapnya »

Udah ga kerasa udah 1 tahun bekerja di sini…Gresik disebuah perusahaan Textile…

kota yang baru buat aq…..

banyak sudah yang aq dapatkan disini…mulai suasana kerja yang baru..rekan2 kerja yang baru…

Ya Allah Alhmadulillah hambamu ini masih diberikan kepercayaan untuk nikmat yang kau beri…Semoga ini menjadi barokah dan amal ibadah untukQ…

AMieen…